VERIFIKASI RAPOR DAN DAFTAR ULANG MAHASISWA BARU UNIVERSITAS INDONESIA

Tips untuk verifikasi rapor dan daftar ulang.
Hallow maba-maba UI :)) Sebelumnya gue mau ngucapin selamat ke kalian yang baca tulisan ini, karena berati kalian punya semangat besar untuk verifikasi rapor dan daftar ulang ^^ atau kalau kalian masih SMA, semoga tulisan ini menambah semangat kalian untuk masuk UI. Wkwk
Well, nama gue Putri Larasati, Mahasiswi Biologi FMIPA UI 2014.
Melalui tulisan ini, gue mau memberikan gambaran kepada para mahasiswa baru tentang apa saja yang akan dilakukan dan tips saat melakukan verifikasi rapor dan daftar ulang yang diadakan pada hari yang berbeda. Harus banget gue post? Iya sih menurut gue, supaya kalian--maba--gak bingung dan kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar~ eaaa. Oh ya! Sorry sama tulisan gue yang campur aduk gak sesuai tata bahasa Indonesia yang baik dan benar :3 supaya kalian bisa santai baca tulisan gue.. hahaha #ngeles
Pada tahun 2014, Verifikasi rapor untuk wilayah Jakarta, Bodetabek dan Luar Jabodetabek dipisah menjadi 3 hari yang berbeda (Kalau tidak salah). Karena gue berdomisili di daerah Bogor, gue pun ikut di hari kedua verifikasi. Gue belum tahu situasi verifikasi rapor jadi gue sengaja datang pagi, sekitar pukul 6 pagi gue sampe balairung dan langsung mencari tempat duduk dekat pintu masuk di daerah B—dekat parkiran balairung UI. Sebelum masuk, gue bikin live report di grup FMIPA sambil mencari teman-teman satu fakultas gue. Verifikasi rapor cukup singkat, lo cuma masuk kedalam balairung, ikut antrian lagi, lalu nyerahin rapot lo  untuk di verifikasi, abis itu langsung balik. Gue balik jam setengah 9. Cepet kan? Jadi tips gue buat verifikasi rapor
1. Datang pagi dan pastikan dokumen yang akan diserahkan terutama rapot dibawa. Pastikan juga nilai di rapor dan PDSS (kalau lewat snmptn mau ppkb) nilainya sama karena gak jarang temen-temen gue bermasalah di nilai rapor yang tidak sesuai dari perbedaan koma dan angka sehingga proses semakin lama, harus memanggil kepsek bahkan terancam gagal diterima (berdasarkan cerita teman seangkatan)
2. Cari tempat duduk yang paling dekat dengan pintu masuk. Tahun 2014 cara masuknya itu zigzag mengikuti tempat duduk. Kalau tempat duduk bagian bawah penuh, cobalah untuk pergi ke pintu lainnya seperti bagian C maupun D (kalau bisa kalian udah tau skema tempat balairung)
3. Jangan malas membawa peralatan ATK seperti pulpen, gunting, lem bahkan materai . karena ini sangat penting. Jangan lupa membawa foto untuk jaga-jaga.
4. Jangan malu untuk bertanya atau berkenalan dengan teman-teman baru diluar fakultas. Selain menambah teman, siapa tahu ketemu jodoh.. eaaaaa
Mekanisme daftar ulang juga berbeda. Tahun gue, daftar ulang mahasiswa jalur masuk SNMPTN dan PPKB dibedakan. Yang lewat jalur SNMPTN betepatan dengan ujian SBMPTN.
Saat daftar ulang, gue sengaja datang pagi sekitar jam 5 pagi. Jam segitu gue udah dapet nomor urutan 35. Tempat duduk saat itu tidak diperdulikan, karena nantinya mahasiswa akan masuk tribun balairung. Yang paling penting adalah nomor urutan. Semakin siang, nomor antrian semakin gendut. Pagi itu, sekitar jam 6 sudah sampai nomor urutan 300. Berbeda di hari kedua yang pukul 6 sudah mencapai urutan 500-600an  (berdasarkan info dari teman). Setelah banyak antrian, sekitar jam 7 apa jam 8 gitu, mahasiswa diajak keatas tribun berdasarkan nomor urutan. Harus teman-teman ketahui bahwa daftar ulang dilakukan dengan beberapa kloter. Setiap kloter berisi 50 orang. Karena gue punya nomor urutan 35, jadilah gue masuk kloter pertama. Yeaayy.
Ada beberapa tahap yang harus lo lewati.
Stand 1 : Memilih ukuran jakun. Disini akan disediakan beberapa jaket kuning dari ukuran S sampai XL. Kalian boleh mencobanya dan kalau sdah menemukan ukuran yang tepat, ditulis pada kertas yang sudah diberikan.
Stand 2 : Ukuran jaket diserahkan dan menyerahkan beberapa berkas dan melakukan tes sidik jari (kalau tidak salah)
Stand 3 : Kalian akan diberikan akun Juita. Akun ini yang akan memudahkan kalian mengakses hotspot UI dan SIAK-NG untuk mengisi mata kuliah yang akan diambil setiap semesternya. Lebih jelasnya nanti akan diberitahukan saat OBM (Orientasi Belajar Mahasiswa)
Stand 4 : kalian akan diberitahukan tentang sistem akademis UI dan beberapa beasiswa.
Stand 5 : kalian akan mendapatkan kartu Mahasiswa Sementara dengan menunjukan akun Juita kalian.
Setelah melewati tahap itu didalam balairung, kalian akan diajak keluar dan menaiki bikun untuk cek kesehatan di PKM (Pusat Kesehatan Mahasiswa)
Cek kesehatan ini meliputi pegisian data mahasiswa, cek tinggi dan berat badan, cek riwayat penyakit, tekanan darah, sampai buta warna.
Setelah selesai cek kesehatan, kalian akan kembali ke  balairung dan pergi ke beberapa stand lagi dan kegiatan ini masuk pada kegiatan welmab, Welcoming Maba.
Stand pertama adalah stand OKK, disana kalian akan dijelaskan beberapa tugas untuk OKK dan ditawarkan beberapa merchandise OKK
Stand kedua adalah stand fakultas. Disana kalian akan disuruh mengisi data mahasiswa, dan mengobrol dengan senior.
Karena gue anak FMIPA yang gedungnya dekat dari balairung, gue dan teman gue diajak untuk ke gedung FMIPA yang disana juga sudah ada senior yang menunggu. Ada Stand MII juga stand departemen.
Melewati semuanya,masih ada stand yang harus didatangi,yaitu kelembagaan agama tingkat faklultas, kalau kamu muslim, kamu akan masuk stand SALAM UI. Kemudian kalian akan diajak ke stand paguyuban. Karena saat itu gue anak Bogor dan belum ada paguyuban, gue langsung balik dan diarahkan ke bazaar. Gue selesai jam setengah 1. Beruntung karena teman-teman gue ada yang bisa sampai sore atau cek kesehatannya dipindah kelain hari.
Beberapa tips untuk kalian yang akan daftar ulang.
1. Lagi-lagi jangan malas untuk datang pagi, kalau perlu jam 4 udah stand by di balairung supaya dapat nomor antrian yang tidak menggendut. Semakin siang kalian datang, semakin gendut nomor antrian yang kalian dapat.
2. Pastikan dokumen yang kalian bawa sudah lengkap, kalau bisa sehari sebelum berangkat sudah disiapkan.  Banyak teman gue yang terlalu santai sampai pada hari H banyak yang lupa membwa beberapa berkas. Its take to long time gais..
3. Jangan malas membawa peralatan ATK seperti pulpen, gunting, lem bahkan materai . karena ini sangat penting. Jangan lupa membawa foto 3x4, 2x3, 4x6 baik berwarna maupun hitam putih untuk jaga-jaga.
4. Jangan malu untuk bertanya atau berkenalan dengan teman-teman baru diluar fakultas. Selain menambah teman, siapa tahu ketemu jodoh.. eaaaaa
Ini juga penting supaya kalian mudah dalam mencari teman kelompok OKK yang biasanya harus terdiri dari orang yang berbeda fakultas maupun SMA.
5. Bawa minum!!!! Penting banget karena kegiatan ini dilakukan seharian. Penting juga bawa makanan kecil untuk menganjal perut, kali aja kalian melewati waktu makan siang dan tak sempat makan besar.
6. Pakai pakaian yang nyaman, sepatu yang nyaman, karena lagi-lagi kegiatannya panjang. Kalau bisa pakai kaus kaki dan payung kalau gamau kulit belang atau bahkan kehujanan.
7. Bawa uang lebih. Kalian pasti akan tergoda sama merchandise yang dijual sampai makanan-makanan di bazaar.
8. Bawa notes kecil untuk mencatat hal-hal penting.
9. Charger HP atau bawa powerbank. Siapin games-games seru untuk membunuh waktu kebosanan saat menunggu
10. Bawa semangat yang membara. Ecieee maba UI :p
(TAMBAHAN: baru dapat info kalau sistem welmabnya berbeda :3)
Sekian dari gue, semoga bermanfaat ya buat kalian :))
Next post gue mau ngasih gambaran tentang rangkaian kamaba lainnya seperti OBM, OKK, PSAF, bahkan PSAD (Biologi)
Kalau mau nanya lebih detail, boleh deh ask : larasssputriii :)

Komentar

  1. Kk itu yg masalah nilai rapot kalo beda gimana kk ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama aku juga punya masalah di situ nilai di snm lebih kecil dari pada nilai di rapot apa tetep di permasalahkan ya ?

      Hapus
  2. Malam ka ,saya mau tanya,untuk pendaftaran ulang ppkb itu apakah melibatkan dan dipengaruhi olh nilai un ya?sm kak bagaimana bia nilai un dibawah 5,5? Apakah masi bisa melanjutkan pendaftaran ulang sehubungan tahun ini un tdk dijadikan sbg penentu kelulusan di sma ,terima kasih

    BalasHapus
  3. kak mau tanya, itu yang nilai rapotnya beda gimana ya? pasti banget langsung gugur apa gimana?
    temen kk gimana nasibnya itu?

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Kak mau tanya, kalau mau verifikasi rapot nih tapi dokumennya lecek trus diganti yang sama persis bisa gk? Soalnya aku ada cadangan dokumennya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode Ilmiah "Pengaruh Ragi Terhadap Tape Singkong"

Makalah Gerakan Senam Aerobik _ Penjaskes - Lengkap

Contoh Proposal Acara Peringatan Tahun Baru Hijriah (LENGKAP)