Makalah Gerakan Senam Aerobik _ Penjaskes - Lengkap

Laporan Senam Aerobik



Disusun untuk memenuhi tugas mata pelajaran PENJASKES
Semester Ganjil
Tahun Ajaran 2013 / 2014

Disusun oleh : Kelompok 1             Kelas : XII IPA 1

1. Anita Indriyani                                         9. Nadya Lailyshofa
2. Anisa Indriyani                                      10. Nuryenty Seftiany
3. Annissa Ayu Anjani                              11. Oktavia Rianti
4. Anrizqa Dewi Rachmani                      12. Osiana Karita Putri
5. Destry Aulia Rahma                             13. Putri Larasati
6. Findya Nurfajrin                                    14. Ria Pusvita Sari
7. Fitria Anggraini                                      15. Sifa Silfia Annurburhan
8. Mustika Saraswati

SMA Negeri 1 Cibinong, Jln. Mayor Oking Jayaatmaja No. 73
Telp. (021) 8752614 Cibinong-Bogor,
Formasi Senam



Kata Pengantar

Puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami selaku siswi dari kelompok 1 Senam di kelas XII IPA 1, telah melaksanakan praktek senam  dan pembuatan laporan ini dengan lancar dan sebagai mana mestinya.
Laporan ini merupakan salah satu tugas bidang mata pelajaran PENJASKES untuk praktek senam aerobik.
Kami menyadari bahwa laporan dan praktek senam kelompok kami jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun dari berbagai pihak kami harapkan untuk kesempurnaan laporan ini.
Dengan terlaksananya praktek senam dan laporan ini, maka kami berharap telah memenuhi tugas PENJASKES dala praktek senam dan mendapatkan nilai yang baik. Serta bermanfaat bagi teman-teman sekalian.

Cibinong, 7 Oktober 2013
Anggota Kelompok



Daftar Isi

Formasi Senam ......................................................................................................   2
Kata Pengantar .......................................................................................................              2
Daftar Isi ..................................................................................................................   3
Bab I Pendahuluan
1.1      Latar Belakang .......................................................................................           4
1.2      Tujuan Penulisan ...................................................................................           4
Bab II Pembahasan
2.1      Senam Aerobik ......................................................................................            7
2.2      Persiapan Senam ..................................................................................            7
2.3      Gerakan Senam , Fungsi dan Cara kerja ..............................................        9
Bab III Penutup
3. 1    Kesimpulan ............................................................................................          30
3. 2    Penutup ..................................................................................................          30
Daftar Pustaka ........................................................................................................            31




Bab I Pendahuluan

1.1.     Latar Belakang

Dalam era modernisasi sekarang ini, kehidupan manusia tidak terlepas dari aktivitas fisik dimana aktivitas fisik merupakan bagian dari kehidupannya. Banyak orang membutuhkan yang namanya olahraga, karena jasmani seseorang perlu dijaga agar tubuh tetap sehat, bugar dan tidak kaku. Maka salah satu cabang olahraga senam aerobik sangat cocok untuk kebugaran tubuh.

1.2.     Tujuan Penulisan

1.    Memahami pengertian senam aerobik
2.    Mengetahui dan memahami perlengkapan atau peralatan, arena, pemeliharaan dan pencahayaan arena pada senam aerobik
3.    Mengetahui macam-macam gerakan senam beserta fungsi dan cara kerjanya.




Bab II Pembahasan

2.1      Senam Aerobik

Aerobic berasal dari kata aero yang berarti oksigen. Jadi aerobic sangatlah erat dengan penggunaan oksigen. Dalam hal ini berarti latihan aerobic adalah latihan yang menggunakan sistem kerja dengan menggunakan oksigen sebagai kerja utama.Senam Aerobik sendiri adalah olahraga untuk peningkatan kesegaran jasmani bukan olahraga prestasi, akan tetapi olahraga preventif yang dapat dilakukan secara masal.

2.1.1 Pembagian senam Aerobik menurut cara melakukan dan musik pengiring

Dalam melakukan senam aerobik selalu diiringi musik. Irama musik dalam aerobik berfungsi sebagai panduan gerak, pemberi motivasi, dan semangat peserta yang melakukan senam aerobik. Oleh karena itu, pilihlah irama musik aerobik yang menyenangkan, penuh energi, dan mempunyai warna yang menggerakkan. Musik yang dipilih biasanya mempunyai empat ketukan per irama dengan irama yang tetap. Menurut cara melakukan dan musik yang mengiringinya, senam aerobik dapat dibagi sebagai berikut:
·      High impact aerobics (senam aerobik aliran gerakan keras).
·      Low impact aerobics (senam aerobik aliran gerakan ringan).
·      Discorobic (kombinasi antara gerakan-gerakan aerobik aliran keras dan ringan disko).
·      Rockrobic (kombinasi gerakan-gerakan aerobik dan ringan serta gerakan-gerakan rock n’roll).
·      Aerobic sport (kombinasi gerakan-gerakan keras dan ringan serta gerakan-gerakan kalestetik/kelentukan).
·      Aerobic dance, yaitu senam aerobik yang dilakukan dengan kombinasi bentuk tarian yang indah.
·      Aerobik dengan menggunakan alat, pada dasarnya adalah upaya menambah variasi, intensitas, serta volume latihan agar lebih meningkat. Biasanya, menggunakan peralatan, antara lain kursi, bangku, tali (pita), tongkat, dan bola.

2.1.2 Tahap-tahap melakukan senam aerobik

1.  Pemanasan selama 4 menit.
2.  Latihan inti selama 7 menit.
3.  Pendinginan/pelemasan selama 4 menit.



2.1.3 Manfaat Senam Aerobik

Manfaat Senam Aerobik yaitu mempunyai banyak manfaat bagi kebugaran tubuh. Tidak heran semakin hari semakin banyak orang yang menggemari latihan aerobik. Berikut ini merupakan manfaat melakukan senam aerobik.

a.    Meningkatkan Daya Tahan Jantung dan Paru-Paru
Selama bergerak, otot membutuhkan asupan oksigen untuk bekerja. Ketika beban kerja meningkat, tubuh menanggapinya dengan meningkatkan jumlah oksigen yang dikirim ke seluruh otot dan jantung. Akibatnya, detak jantung dan frekuensi pernapasan meningkat sampai memenuhi kebutuhannya. Oksigen diubah menjadi karbondioksida, yang kemudian diembuskan. Selain itu, tubuh akan berkeringat membakar kalori dan lemak.


b.    Meningkatkan Kekuatan Otot
Otot-otot harus dilatih melebihi beban normal. Hal ini disebut prinsip beban lebih (overload system). Untuk meningkatkan kekuatan otot, harus dilatih pada intensitas yang tinggi dalam waktu singkat, mempergunakan tenaga yang maksimal dan dilakukan secara diulang-ulang. Selain itu, berikan beban yang bervariasi supaya lebih, karena intensitas latihan beragam, dari latihan berintensitas tinggi sampai dengan intensitas yang sangat rendah, sebagai contoh aktivitas bersepeda.

c.    Meningkatkan Kelentukan

Kelentukan adalah gerakan yang berada di sekeliling sendi. Setelah menyelesaikan latihan aerobik, melakukan peregangan akan membantu meningkatkan kelentukan dan juga membantu sirkulasi darah ke jantung. Otot sifatnya seperti pita karet. Semakin kuat mengangkatnya, semakin elastis karet itu. Jika secara rutin meregangkan badan selesai latihan, akan membuat otot persendian akan berkembang.

d.    Komposisi Tubuh

Latihan aerobik yang tepat akan membantu mengubah komposisi tubuh, menghindari tubuh menjadi gemuk dan membentuk otot-otot. Hal terpenting yang harus diingat adalah bahwa aerobik tidak dapat mengurangi berat badan hanya pada satu bagian tubuh saja.







2.2      Persiapan Senam
·                Menggunakan pakaian dari bahan yang mampu menyerap keringat dengan baik, tidak terlalu ketat dan mampu menyerap panas tubuh dengan baik, disarankan menggunakan pakaian senam
·                Wanita dianjurkan untuk menggunakan sport bra atau BH olahraga yang memang didesain khusus untuk aktivitas olahraga sehingga berolahraga menjadi lebih tenang dan nyaman.
·                Mengunakan sepatu olahraga yang cocok untuk jenis cabang olahraga, untuk senam dapat menggunakan tipe running atau jogging shoes, dengan menggunakan alas kaki yang tebal dan nyaman yang berfungsi melindungi tulang kaki dari resiko cedera.
·                Menggunakan hand decker atau wrist band untuk mempercantik penampilan.
·                Membawa handuk dan air minum secukupnya.
·                Mempersiapkan CD berisi lagu pengiring senam.
2.3      Gerakan Senam, Fungsi, dan Cara Kerja

a.         Pemanasan
Pemanasan (warming up) adalah persiapan emosional, psikologis, dan fisik untuk melakukan latihan. Tujuan latihan pemanasan adalah menaikkan denyut jantung secara berangsur-angsur, mempersiapkan otot-otot dan persendian, meningkatkan suhu inti tubuh, meningkatkan sirkulasi cairan tubuh, dan mempersiapkan diri secara psikologis dan emosional.

1.         Jalan di tempat (2x8)
Fungsi                : Untuk melatih otot-otot paha dan tangan


Cara kerja           : Jalan ditempat dengan mengangkat kaki dengan rata-  rata air, bergantian dari kaki kanan lalu kaki kiri.

2.         Putar  tangan (2x8)
Fungsi                            : Untuk menahan keseimbangan otot tangan pada saat ke samping kanan, atas, kiri dan depan secara lurus. Lalu melatih otot leher.


Cara kerja           : Mengarahkan kedua tangan menyamping ke arah kanan, ke atas, ke kiri disertai dengan kepala yang menengok mengikuti arah tangan.

3.         Buka tangan dan tengok kepala (2x8)
Fungsi                            : Melatih otot tangan kanan dan kiri, lalu melatih otot leher.


Cara kerja           :
1)        Menengadahkan tangan dengan lengan ke samping   kanan.
2)        Menengadahkan tangan dengan lengan ke sampin kiri.
3)        Mengarahkan kepala/ menengok ke samping kanan.
4)        Mengarahkan kepala/ menengok ke samping kiri.
5)        Tangan kanan di belakang kepala.
6)        Tangan kiri di belakang kepala.
7)        Kepala menengok keatas.
8)        Kepala menengok ke bawah.

4.         Tolak pinggang (2x8)
Fungsi                : Melatih kelincahan kaki kanan dan kiri.


Cara kerja           : kedua tangan di pinggang, melangkah ke kanan dua kali, lalu ke kiri dua kali.

5.         Pundak maju mundur (2x8)
Fungsi                : Melatih kedua pundak kanan dan kiri untuk berputar.
                               Kelenturan sendi.


Cara kerja           : memutar kedua pundak dan melangkah serong ke kanan dua kali, serong ke kiri dua kali, lalu mundur serong kanan, serong kiri dan seterusnya.

6.         Tangan buka teprok (2x8)
Fungsi                : Untuk melatih otot lengan dan punggung.


Cara kerja           : Tekuk tangan kanan dan kiri buka ke samping sejajar dengan bahu, lalu rentangkan tangan dan teprok.

7.         Tangan serong (2x8)
Fungsi                            : Untuk menahan otot tangan agar lurus dan pinggang supaya lentur.


Cara kerja           : Mengarahkan tangan serong keatas sejajar dengan dagu.

8.         Zig-zag  teprok (2x8)
Fungsi                : Melatih kedua tangan dan kaki.


Cara kerja           : Melakukan gerak zig-zag dan teprok-teprok.

9.         Langkah maju mundur (2x8)
Fungsi                            : Untuk melatih kelincahan dan kecepatan kaki supaya terbiasa untuk menahan keatas walau hanya beberapa detik.


Cara kerja           : Melangkah maju dua kali lalu melangkah mundur dua kali

10.      Tangan tarik tonjok (2x8)
Fungsi                            : Untuk melatih otot bisep dan trisep pada lengan tangan kita.


Cara kerja           : Angkat dan tekuk kedua tangan didepan dada, lalu dorong keatas sejajar dengan telinga.

11.      Tendang kaki (2x8)
Fungsi                            : Untuk melatih kelincahan dan kecepatan pada kaki dan menyeimbangkan tangan untuk tetap lurus.


Cara kerja           : Luruskan kedua tangan membentuk sudut 90 derajat, lalu angkat kedua kaki sampai menyentuh telapak tangan.

12.      Pilin badan (2x8)
Fungsi                : Untuk melatih pinggang agar lentur dan melatih otot punggung agar bisa bekerjasama untuk memutar badan.


Cara kerja           : Kedua tangan dipinggang lalu pilinkan ke arah kanan dan kiri kemudian angkat kedua tangan sejajar dengan dagu ke arah kanan dan kiri.

13.      Teprok bawah kaki (2x8)
Fungsi                : Untuk melatih otot tulsng belakang saat membungkuk.


Cara kerja           : Langkahkan salah satu kaki menyerong, kedua tangan diangkat ke atas lalu bungkukkan badan ke depan kemudian teprok dibawah betis.

14.      Tangan “S” (2x8)
Fungsi                : Untuk melatih pergelangan tangan.


Cara kerja           : Gerakkan kedua kaki kanan dan kiri ke depan secara bergantian sambil kedua tangan membentuk huruf “S”.
15.      Kuda-kuda teprok (2x8)
Fungsi                : Untuk melatih paha agarbisa menahan beban tubuh.


Cara kerja           : Bukalah kedua kaki selebar bahu, tahan beban berat badan lalu teprok kedua tangan.

b.        Gerakan Inti Aerobik

Gerakan inti merupakan gerakan yang telah aktif dengan mengikuti alur tertentu. Gerakan inti bertujuan untuk menguatkan otot-otot tubuh dan melatih koordinasi gerak antar anggota tubuh.

1.         Kincir tangan (2x8)
Fungsi                            : Untuk mengatur pernapasan saat kita mengangkat kedua tangan kita agar stabil.


Cara kerja           : Bukalah kedua tangan sampai ke atas kepala, lurus membentuk 180 derajat. Setelah itu, kembalikan tangan seperti semula.

2.         Yes (2x8)
Fungsi                            : Untuk melatih pergelangan tangan dan bahu saat dibuka. Dan mengatur diafragma.


Cara kerja           : Tekuk dan tarik tangan kanan sejajar didepan dada, lalu buka sampai membentuk sudut 90 derajat sejajar dengan bahu. Begitu pula dengan tangan kiri. Langkahkan kaki ke kanan dan ke kiri.

3.         Dorong tangan putar (2x8)
Fungsi                : Untuk melatih pergelangan tangan dan bahu.


Cara kerja           : Lebarkan kedua kaki sejajar bahu, lalu dorong tangan kanan ke samping kiri dan putar membentuk sudut 180 derajat. Begitu juga dengan tangan kiri.

4.         Poco-poco (2x8)
Fungsi                : Melatih kelincahan tangan saat diputar ke kanan dan ke kiri.


Cara kerja           : Langkahkan kedua kaki menyerong ke kanan dan kiri sambil putarkan tangan dengan posisi telapak tangan terbuka.

(kembali ke ‘’yes  s/d poco-poco” )

5.         Tangan lincah (4x8)
Fungsi                : Melatih kelincahan tangan, paha dan kaki.


Cara kerja           : angkat kedua tangn kedepan sejajar dengan dada. Lalu angkat kedua tangan menyilang diatas kepala, dan turunkan kembali. Lalu tekuk tangan didepan dada lalu tarik samping kanan dan kiri.

6.         Teprok dada (2x8)
Fungsi                : Melatih kelincahan kaki dan tangan.


Cara kerja           : Silangkan kedua tanga didepan dada sambil menepuk dada lalu langkahkan kaki kedepan dan ke belakang.

7.         Jin salam (2x8)
Fungsi                : Melatih kelincahan tangan dan kaki saat bergerak.


Cara kerja           : Angkat dan buka tangan ke atas sejajar dengan dagu sambil menyerongkan langkah kaki ke kanan dan ke kiri lalu tekuk kedua tangan di depan dada dengan kedua telapak tangan menempel. Kemudian rentangkan kedua tangan ke samping.

(kembali ke “tangan lincah s/d jin salam )

8.         Buka tangan (2x8)
Fungsi                : Untuk melatih kelincahan tangan dan otot leher saat bergerak.


Cara kerja           : Buka kedua telapak tangan di pinggang, letakkan di pinggang, posisikan kedua tangan disamping telinga, rentangkan tangan ke kanan dan ke kiri sambil menoleh ke arah yang sama. Langkahkan kaki ke kanan dan ke kiri sambil sedikit meloncat.

9.         Loncat sikut tangan lincah (2x8)
Fungsi                            : Melatih kelincahan tangan, otot perut dan totot paha saat bergerak.


Cara kerja           : Angkat kaki kiri bersamaan dengan tekuk tangan kanan, begitu juga dengan kaki kanan dan tangan kiri. Lalu tekuk tangan kanan ke samping sejajar dengan dada kemudian rentangkan kedua tangan sambil melangkahkan kaki ke kanan dan ke kiri.


10.      Serong kaki ceria “HAH” (2x8)
Fungsi                : Melatih kelincahan tangan dan menahannya agar lurus.


Cara kerja           : Letakkan kedua tangan dipinggang, tendangkan kaki ke samping kanan dan kiri secara bergantian, kemudian angkat tangan ke atas sejajar dengan dagu sambil berteriak “HAH”.

(kembali ke “buka tangan s/d serong kaki ceria “HAH” ”)

11.      Tonjok atas-bawah (2x8)
Fungsi                : Melatih tangan agar tetap lurus dan kaki saat meloncat.


Cara kerja           : Loncatkan kaki ke depan secara bergantian sembari tangan menonjok ke arah depan, atas dan bawah.

12.      Loncat sikut (2x8)
Fungsi                            : Melatih kelincahan tangan, otot perut dan totot paha saat bergerak.


Cara kerja           : Angkat kaki kiri bersamaan dengan tekuk tangan kanan, begitu juga dengan kaki kanan dan tangan kiri sambil meloncat.

13.      Loncat teprok (2x8)
Fungsi                            : Melatih otot perut, keseimbangan kaki dan pergelangan tangan.


Cara kerja           : Buka kedua kaki selebar bahudan angkat kedua tangan diatas kepala sambil meloncat.

14.      Tonjok atas bawah (2x8)
Fungsi                : Melatih tangan agar tetap lurus dan kaki saat meloncat.


Cara kerja           : Loncatkan kaki ke depan secara bergantian sembari tangan menonjok ke arah depan, atas dan bawah.


15.      Loncat sikut (2x8)
Fungsi                            : Melatih kelincahan tangan, otot perut dan totot paha saat bergerak.


Cara kerja           : Loncatkan kaki ke depan secara bergantian sembari tangan menonjok ke arah depan, atas dan bawah.
16.      Loncat sikut tangan lincah (2x8)
Fungsi                            : Melatih kelincahan tangan, otot perut dan totot paha saat bergerak.


Cara kerja           : Angkat kaki kiri bersamaan dengan tekuk tangan kanan, begitu juga dengan kaki kanan dan tangan kiri. Lalu tekuk tangan kanan ke samping sejajar dengan dada kemudian rentangkan kedua tangan sambil melangkahkan kaki ke kanan dan ke kiri.



17.      Buka tangan (2x8)
Fungsi                : Untuk melatih kelincahan tangan dan otot leher saat
bergerak.


Cara kerja           : Buka kedua telapak tangan di pinggang, letakkan di pinggang, posisikan kedua tangan disamping telinga, rentangkan tangan ke kanan dan ke kiri sambil menoleh ke arah yang sama. Langkahkan kaki ke kanan dan ke kiri sambil sedikit meloncat.



18.      Serong kaki ceria “HAH” (2x8)
Fungsi                : Melatih kelincahan tangan dan menahannya agar lurus.


Cara kerja           : Letakkan kedua tangan dipinggang, tendangkan kaki ke samping kanan dan kiri secara bergantian, kemudian angkat tangan ke atas sejajar dengan dagu sambil berteriak “HAH”.           

19.      Buka lipat tangan (2x8)
Fungsi : Melatih kelincahan otot tangan untuk bergerak.


Cara kerja : Rentangkan kedua tangan kesamping kanan  dan kiri dan silangkan kedua tangan didepan dada lalu angkat kedua tangan diatas kepala. Selah itu doronglah kedua tangan kedepan sejajar dada dan badan ke arah belakang.

20.      Loncat gulung tangan (2x8)
Fungsi : Melatih kelincahan otot tangan untuk bergerak.


Cara kerja : Bukalah kaki ke kanan dan kiri dan angkat kedua kaki secra bergantian sambil tekuk kedua tangan didepan dada dan pilin badan ke kanan dan ke kiri sambil menggulung kedua tangan lalu rentangkan kedua tangan samping kanan dan kiri.

21.      Loncat teprok (2x8)
Fungsi : Melatih otot perut, keseimbangan kaki dan pergelangan tangan.


Cara kerja : Buka kedua kaki selebar bahudan angkat kedua tangan diatas kepala sambil meloncat.

                                                            

22.      Kuda-kuda teprok (2x8)
Fungsi : Untuk melatih paha agar bisa menahan beban tubuh.

Cara kerja : Bukalah kedua kaki selebar bahu, tahan beban berat badan lalu teprok kedua tangan.


c.         Gerakan Pendinginan

Gerakan pendinginan bertujuan untuk mengembalikan frekuensi denyut jantung supaya kembali mendekati normal. Pelaksanaan gerakan dilakukan secara bertahap dari intensitas tinggi ke intensitas yang rendah.

1.         Tangan melambai kanan-kiri (1x8)
Fungsi                : Untuk menahan pertahanan otot perut,paha,dan tangan


Cara kerja           : Melebarkan kaki lalu melambaikan tangan selurus bahu.
                                                                                                                               
2.         Kepala (2x8)
Fungsi                : Untuk melatih otot leher.


Cara kerja           : Tengokkan kepala ke kanan dan kiri lalu patahkan ke kanan dan kiri. Setelah itu tundukkan kepala dan tengahdahkan kepala.

3.         Dayung tangan , tahan kaki kiri (2x8)
Fungsi                : untuk melatih pertahanan tangan dan kaki agar lurus


Cara kerja           : Langkahkan kaki menyerong dan angkat tangan ke atas sejajar dagu. Dan renggut-renggutkan.



4.         Dayung tangan , tahan kaki kanan (2x8)
Fungsi                : untuk melatih pertahanan tangan dan kaki agar lurus


Cara kerja           : Langkahkan kaki menyerong dan angkat tangan ke atas sejajar dagu. Dan renggut-renggutkan.


5.         Tangan melambai kanan-kiri (1x8)
Fungsi                : untuk menahan pertahanan otot perut,paha,dan tangan


Cara kerja           : Melebarkan kaki lalu melambaikan tangan selurus bahu

6.         Tangan tarik (2x8)
Fungsi                : untuk melatih pertahanan tangan dan kaki


Cara kerja           : Lebarkan kaki sejajar dengan bahu dan arahkan kedua tangan ke atas kepala dan kekiri

7.         Kipas tangan kanan-kiri (2x8)
Fungsi                : untuk menahan pertahanan paha dan tangan


Cara kerja           :

8.         Gerakan kaki (2x8)
Fungsi                : untuk melatih otot kaki


Cara kerja           : Renggutkan kaki ke kanan dan ke kiri lalu tahan.

9.         Tangan melambai kanan-kiri (1x8)
Fungsi                : Untuk menahan pertahanan otot perut,paha,dan tangan


Cara kerja           : Melebarkan kaki lalu melambaikan tangan selurus bahu.

10.      Dayung kanan-kiri (2x8)
Fungsi                : untuk melatih pertahanan tangan


Cara kerja           : Langkahkan kaki menyerong dan angkat tangan ke atas sejajar dagu. Dan renggut-renggutkan.




11.      Peregangan telapak tangan (1x8)
Fungsi                : untuk melatih otot-otot jari tangan


Cara kerja           : Rentangkan kedua tangan ke kanan dan kiri dan langkahkan salah satu kaki kedepan dan angkat kedua tangan kedepan. Setelah itu letakkan kedua tangan didepan dada dan letakkan kembali dibelakang pinggang lalu dorong kedua tangan kedepan dan badan kebelakang.

12.      Renggut tangan (2x8)
Fungsi                : Melatih pertahanan tubuh


Cara kerja           : Lebarkan kaki selebar bahu dan regangkan keuda tangan kedepan mulai dari tangan kanan dan tangan kiri.

13.      Tangan melambai kanan-kiri (1x8)
Fungsi                : Untuk menahan pertahanan otot perut,paha,dan tangan


Cara kerja           : Melebarkan kaki lalu melambaikan tangan selurus bahu

14.      Atur pernapasan (2x8)
Fungsi                : Untuk mengatur pernapasan.


Cara kerja           : Bukalah kedua tangan sampai ke atas kepala, lurus membentuk 180 derajat. Setelah itu, kembalikan tangan seperti semula.









Bab III Penutup

3. 1    Kesimpulan

Dari uraian laporan di atas dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut :

Senam merupakan kegiatan dalam proses membuat tubuh memnjadi sehat, yaitu perpaduan antara gerak dengan dan musik yang dipilih. Olahraga apapun yang dipilih, pasti memiliki aturan-aturan/etika yang harus diikuti didalamnya.Senam Aerobik bukanlah olahraga sekedar gerak oleh musik, namun didalamnya mengedepankan keseimbangan tubuh/anggota badan, alat indra dan sifat manusia dengan alam sekitar.


3. 2    Penutup

Demikianlah laporan ini kami buat dengan yang sebenar-benarnya. Ucapan terima kasih tertuju kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan kemudahan kepada kami sehingga terlaksananya pembuatan laporan dan presentasi ini. Serta kepada teman-teman yang ikut membantu dalam pembuatan laporan ini.
Kami selaku anggota kelompok memohon maaf sebesar-besarnya apabila terdapat kessalahan serta kekurangan dalam makalah ini. Selain untuk memenuhi tugas PENJASKES, Semoga makalah ini dapat menjadi acuan, pertimbangan, serta motivasi dan koreksi bagi kegiatan selanjutnya.


Cibinong, 7 Oktober 2013
Anggota Kelompok




 Laporan Senam Aerobik

Description: Description: C:\Program Files (x86)\Microsoft Office\MEDIA\CAGCAT10\j0302953.jpg

Disusun untuk memenuhi tugas mata pelajaran PENJASKES
Semester Ganjil
Tahun Ajaran 2013 / 2014

Disusun oleh : Kelompok 1             Kelas : XII IPA 1

1. Anita Indriyani                                         9. Nadya Lailyshofa
2. Anisa Indriyani                                      10. Nuryenty Seftiany
3. Annissa Ayu Anjani                              11. Oktavia Rianti
4. Anrizqa Dewi Rachmani                      12. Osiana Karita Putri
5. Destry Aulia Rahma                             13. Putri Larasati
6. Findya Nurfajrin                                    14. Ria Pusvita Sari
7. Fitria Anggraini                                      15. Sifa Silfia Annurburhan
8. Mustika Saraswati

SMA Negeri 1 Cibinong, Jln. Mayor Oking Jayaatmaja No. 73
Telp. (021) 8752614 Cibinong-Bogor,
Formasi Senam


Kata Pengantar

Puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami selaku siswi dari kelompok 1 Senam di kelas XII IPA 1, telah melaksanakan praktek senam  dan pembuatan laporan ini dengan lancar dan sebagai mana mestinya.
Laporan ini merupakan salah satu tugas bidang mata pelajaran PENJASKES untuk praktek senam aerobik.
Kami menyadari bahwa laporan dan praktek senam kelompok kami jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun dari berbagai pihak kami harapkan untuk kesempurnaan laporan ini.
Dengan terlaksananya praktek senam dan laporan ini, maka kami berharap telah memenuhi tugas PENJASKES dala praktek senam dan mendapatkan nilai yang baik. Serta bermanfaat bagi teman-teman sekalian.

Cibinong, 7 Oktober 2013
Anggota Kelompok


Daftar Isi

Formasi Senam ......................................................................................................   2
Kata Pengantar .......................................................................................................              2
Daftar Isi ..................................................................................................................   3
Bab I Pendahuluan
1.1      Latar Belakang .......................................................................................           4
1.2      Tujuan Penulisan ...................................................................................           4
Bab II Pembahasan
2.1      Senam Aerobik ......................................................................................            7
2.2      Persiapan Senam ..................................................................................            7
2.3      Gerakan Senam , Fungsi dan Cara kerja ..............................................        9
Bab III Penutup
3. 1    Kesimpulan ............................................................................................          30
3. 2    Penutup ..................................................................................................          30
Daftar Pustaka ........................................................................................................            31



Bab I Pendahuluan

1.1.     Latar Belakang

Dalam era modernisasi sekarang ini, kehidupan manusia tidak terlepas dari aktivitas fisik dimana aktivitas fisik merupakan bagian dari kehidupannya. Banyak orang membutuhkan yang namanya olahraga, karena jasmani seseorang perlu dijaga agar tubuh tetap sehat, bugar dan tidak kaku. Maka salah satu cabang olahraga senam aerobik sangat cocok untuk kebugaran tubuh.

1.2.     Tujuan Penulisan

1.    Memahami pengertian senam aerobik
2.    Mengetahui dan memahami perlengkapan atau peralatan, arena, pemeliharaan dan pencahayaan arena pada senam aerobik
3.    Mengetahui macam-macam gerakan senam beserta fungsi dan cara kerjanya.



Bab II Pembahasan

2.1      Senam Aerobik

Aerobic berasal dari kata aero yang berarti oksigen. Jadi aerobic sangatlah erat dengan penggunaan oksigen. Dalam hal ini berarti latihan aerobic adalah latihan yang menggunakan sistem kerja dengan menggunakan oksigen sebagai kerja utama.Senam Aerobik sendiri adalah olahraga untuk peningkatan kesegaran jasmani bukan olahraga prestasi, akan tetapi olahraga preventif yang dapat dilakukan secara masal.

2.1.1 Pembagian senam Aerobik menurut cara melakukan dan musik pengiring

Dalam melakukan senam aerobik selalu diiringi musik. Irama musik dalam aerobik berfungsi sebagai panduan gerak, pemberi motivasi, dan semangat peserta yang melakukan senam aerobik. Oleh karena itu, pilihlah irama musik aerobik yang menyenangkan, penuh energi, dan mempunyai warna yang menggerakkan. Musik yang dipilih biasanya mempunyai empat ketukan per irama dengan irama yang tetap. Menurut cara melakukan dan musik yang mengiringinya, senam aerobik dapat dibagi sebagai berikut:
·      High impact aerobics (senam aerobik aliran gerakan keras).
·      Low impact aerobics (senam aerobik aliran gerakan ringan).
·      Discorobic (kombinasi antara gerakan-gerakan aerobik aliran keras dan ringan disko).
·      Rockrobic (kombinasi gerakan-gerakan aerobik dan ringan serta gerakan-gerakan rock n’roll).
·      Aerobic sport (kombinasi gerakan-gerakan keras dan ringan serta gerakan-gerakan kalestetik/kelentukan).
·      Aerobic dance, yaitu senam aerobik yang dilakukan dengan kombinasi bentuk tarian yang indah.
·      Aerobik dengan menggunakan alat, pada dasarnya adalah upaya menambah variasi, intensitas, serta volume latihan agar lebih meningkat. Biasanya, menggunakan peralatan, antara lain kursi, bangku, tali (pita), tongkat, dan bola.

2.1.2 Tahap-tahap melakukan senam aerobik

1.  Pemanasan selama 4 menit.
2.  Latihan inti selama 7 menit.
3.  Pendinginan/pelemasan selama 4 menit.



2.1.3 Manfaat Senam Aerobik

Manfaat Senam Aerobik yaitu mempunyai banyak manfaat bagi kebugaran tubuh. Tidak heran semakin hari semakin banyak orang yang menggemari latihan aerobik. Berikut ini merupakan manfaat melakukan senam aerobik.

a.    Meningkatkan Daya Tahan Jantung dan Paru-Paru
Selama bergerak, otot membutuhkan asupan oksigen untuk bekerja. Ketika beban kerja meningkat, tubuh menanggapinya dengan meningkatkan jumlah oksigen yang dikirim ke seluruh otot dan jantung. Akibatnya, detak jantung dan frekuensi pernapasan meningkat sampai memenuhi kebutuhannya. Oksigen diubah menjadi karbondioksida, yang kemudian diembuskan. Selain itu, tubuh akan berkeringat membakar kalori dan lemak.


b.    Meningkatkan Kekuatan Otot
Otot-otot harus dilatih melebihi beban normal. Hal ini disebut prinsip beban lebih (overload system). Untuk meningkatkan kekuatan otot, harus dilatih pada intensitas yang tinggi dalam waktu singkat, mempergunakan tenaga yang maksimal dan dilakukan secara diulang-ulang. Selain itu, berikan beban yang bervariasi supaya lebih, karena intensitas latihan beragam, dari latihan berintensitas tinggi sampai dengan intensitas yang sangat rendah, sebagai contoh aktivitas bersepeda.

c.    Meningkatkan Kelentukan

Kelentukan adalah gerakan yang berada di sekeliling sendi. Setelah menyelesaikan latihan aerobik, melakukan peregangan akan membantu meningkatkan kelentukan dan juga membantu sirkulasi darah ke jantung. Otot sifatnya seperti pita karet. Semakin kuat mengangkatnya, semakin elastis karet itu. Jika secara rutin meregangkan badan selesai latihan, akan membuat otot persendian akan berkembang.

d.    Komposisi Tubuh

Latihan aerobik yang tepat akan membantu mengubah komposisi tubuh, menghindari tubuh menjadi gemuk dan membentuk otot-otot. Hal terpenting yang harus diingat adalah bahwa aerobik tidak dapat mengurangi berat badan hanya pada satu bagian tubuh saja.






2.2      Persiapan Senam
·                Menggunakan pakaian dari bahan yang mampu menyerap keringat dengan baik, tidak terlalu ketat dan mampu menyerap panas tubuh dengan baik, disarankan menggunakan pakaian senam
·                Wanita dianjurkan untuk menggunakan sport bra atau BH olahraga yang memang didesain khusus untuk aktivitas olahraga sehingga berolahraga menjadi lebih tenang dan nyaman.
·                Mengunakan sepatu olahraga yang cocok untuk jenis cabang olahraga, untuk senam dapat menggunakan tipe running atau jogging shoes, dengan menggunakan alas kaki yang tebal dan nyaman yang berfungsi melindungi tulang kaki dari resiko cedera.
·                Menggunakan hand decker atau wrist band untuk mempercantik penampilan.
·                Membawa handuk dan air minum secukupnya.
·                Mempersiapkan CD berisi lagu pengiring senam.
2.3      Gerakan Senam, Fungsi, dan Cara Kerja

a.         Pemanasan
Pemanasan (warming up) adalah persiapan emosional, psikologis, dan fisik untuk melakukan latihan. Tujuan latihan pemanasan adalah menaikkan denyut jantung secara berangsur-angsur, mempersiapkan otot-otot dan persendian, meningkatkan suhu inti tubuh, meningkatkan sirkulasi cairan tubuh, dan mempersiapkan diri secara psikologis dan emosional.

1.         Jalan di tempat (2x8)
Fungsi                : Untuk melatih otot-otot paha dan tangan


Cara kerja           : Jalan ditempat dengan mengangkat kaki dengan rata-  rata air, bergantian dari kaki kanan lalu kaki kiri.

2.         Putar  tangan (2x8)
Fungsi                            : Untuk menahan keseimbangan otot tangan pada saat ke samping kanan, atas, kiri dan depan secara lurus. Lalu melatih otot leher.


Cara kerja           : Mengarahkan kedua tangan menyamping ke arah kanan, ke atas, ke kiri disertai dengan kepala yang menengok mengikuti arah tangan.

3.         Buka tangan dan tengok kepala (2x8)
Fungsi                            : Melatih otot tangan kanan dan kiri, lalu melatih otot leher.


Cara kerja           :
1)        Menengadahkan tangan dengan lengan ke samping   kanan.
2)        Menengadahkan tangan dengan lengan ke sampin kiri.
3)        Mengarahkan kepala/ menengok ke samping kanan.
4)        Mengarahkan kepala/ menengok ke samping kiri.
5)        Tangan kanan di belakang kepala.
6)        Tangan kiri di belakang kepala.
7)        Kepala menengok keatas.
8)        Kepala menengok ke bawah.

4.         Tolak pinggang (2x8)
Fungsi                : Melatih kelincahan kaki kanan dan kiri.


Cara kerja           : kedua tangan di pinggang, melangkah ke kanan dua kali, lalu ke kiri dua kali.

5.         Pundak maju mundur (2x8)
Fungsi                : Melatih kedua pundak kanan dan kiri untuk berputar.
                               Kelenturan sendi.


Cara kerja           : memutar kedua pundak dan melangkah serong ke kanan dua kali, serong ke kiri dua kali, lalu mundur serong kanan, serong kiri dan seterusnya.

6.         Tangan buka teprok (2x8)
Fungsi                : Untuk melatih otot lengan dan punggung.


Cara kerja           : Tekuk tangan kanan dan kiri buka ke samping sejajar dengan bahu, lalu rentangkan tangan dan teprok.

7.         Tangan serong (2x8)
Fungsi                            : Untuk menahan otot tangan agar lurus dan pinggang supaya lentur.


Cara kerja           : Mengarahkan tangan serong keatas sejajar dengan dagu.

8.         Zig-zag  teprok (2x8)
Fungsi                : Melatih kedua tangan dan kaki.


Cara kerja           : Melakukan gerak zig-zag dan teprok-teprok.

9.         Langkah maju mundur (2x8)
Fungsi                            : Untuk melatih kelincahan dan kecepatan kaki supaya terbiasa untuk menahan keatas walau hanya beberapa detik.


Cara kerja           : Melangkah maju dua kali lalu melangkah mundur dua kali

10.      Tangan tarik tonjok (2x8)
Fungsi                            : Untuk melatih otot bisep dan trisep pada lengan tangan kita.


Cara kerja           : Angkat dan tekuk kedua tangan didepan dada, lalu dorong keatas sejajar dengan telinga.

11.      Tendang kaki (2x8)
Fungsi                            : Untuk melatih kelincahan dan kecepatan pada kaki dan menyeimbangkan tangan untuk tetap lurus.


Cara kerja           : Luruskan kedua tangan membentuk sudut 90 derajat, lalu angkat kedua kaki sampai menyentuh telapak tangan.

12.      Pilin badan (2x8)
Fungsi                : Untuk melatih pinggang agar lentur dan melatih otot punggung agar bisa bekerjasama untuk memutar badan.


Cara kerja           : Kedua tangan dipinggang lalu pilinkan ke arah kanan dan kiri kemudian angkat kedua tangan sejajar dengan dagu ke arah kanan dan kiri.

13.      Teprok bawah kaki (2x8)
Fungsi                : Untuk melatih otot tulsng belakang saat membungkuk.


Cara kerja           : Langkahkan salah satu kaki menyerong, kedua tangan diangkat ke atas lalu bungkukkan badan ke depan kemudian teprok dibawah betis.

14.      Tangan “S” (2x8)
Fungsi                : Untuk melatih pergelangan tangan.


Cara kerja           : Gerakkan kedua kaki kanan dan kiri ke depan secara bergantian sambil kedua tangan membentuk huruf “S”.
15.      Kuda-kuda teprok (2x8)
Fungsi                : Untuk melatih paha agarbisa menahan beban tubuh.


Cara kerja           : Bukalah kedua kaki selebar bahu, tahan beban berat badan lalu teprok kedua tangan.

b.        Gerakan Inti Aerobik

Gerakan inti merupakan gerakan yang telah aktif dengan mengikuti alur tertentu. Gerakan inti bertujuan untuk menguatkan otot-otot tubuh dan melatih koordinasi gerak antar anggota tubuh.

1.         Kincir tangan (2x8)
Fungsi                            : Untuk mengatur pernapasan saat kita mengangkat kedua tangan kita agar stabil.


Cara kerja           : Bukalah kedua tangan sampai ke atas kepala, lurus membentuk 180 derajat. Setelah itu, kembalikan tangan seperti semula.

2.         Yes (2x8)
Fungsi                            : Untuk melatih pergelangan tangan dan bahu saat dibuka. Dan mengatur diafragma.


Cara kerja           : Tekuk dan tarik tangan kanan sejajar didepan dada, lalu buka sampai membentuk sudut 90 derajat sejajar dengan bahu. Begitu pula dengan tangan kiri. Langkahkan kaki ke kanan dan ke kiri.

3.         Dorong tangan putar (2x8)
Fungsi                : Untuk melatih pergelangan tangan dan bahu.


Cara kerja           : Lebarkan kedua kaki sejajar bahu, lalu dorong tangan kanan ke samping kiri dan putar membentuk sudut 180 derajat. Begitu juga dengan tangan kiri.

4.         Poco-poco (2x8)
Fungsi                : Melatih kelincahan tangan saat diputar ke kanan dan ke kiri.


Cara kerja           : Langkahkan kedua kaki menyerong ke kanan dan kiri sambil putarkan tangan dengan posisi telapak tangan terbuka.

(kembali ke ‘’yes  s/d poco-poco” )

5.         Tangan lincah (4x8)
Fungsi                : Melatih kelincahan tangan, paha dan kaki.


Cara kerja           : angkat kedua tangn kedepan sejajar dengan dada. Lalu angkat kedua tangan menyilang diatas kepala, dan turunkan kembali. Lalu tekuk tangan didepan dada lalu tarik samping kanan dan kiri.

6.         Teprok dada (2x8)
Fungsi                : Melatih kelincahan kaki dan tangan.


Cara kerja           : Silangkan kedua tanga didepan dada sambil menepuk dada lalu langkahkan kaki kedepan dan ke belakang.

7.         Jin salam (2x8)
Fungsi                : Melatih kelincahan tangan dan kaki saat bergerak.


Cara kerja           : Angkat dan buka tangan ke atas sejajar dengan dagu sambil menyerongkan langkah kaki ke kanan dan ke kiri lalu tekuk kedua tangan di depan dada dengan kedua telapak tangan menempel. Kemudian rentangkan kedua tangan ke samping.

(kembali ke “tangan lincah s/d jin salam )

8.         Buka tangan (2x8)
Fungsi                : Untuk melatih kelincahan tangan dan otot leher saat bergerak.


Cara kerja           : Buka kedua telapak tangan di pinggang, letakkan di pinggang, posisikan kedua tangan disamping telinga, rentangkan tangan ke kanan dan ke kiri sambil menoleh ke arah yang sama. Langkahkan kaki ke kanan dan ke kiri sambil sedikit meloncat.

9.         Loncat sikut tangan lincah (2x8)
Fungsi                            : Melatih kelincahan tangan, otot perut dan totot paha saat bergerak.


Cara kerja           : Angkat kaki kiri bersamaan dengan tekuk tangan kanan, begitu juga dengan kaki kanan dan tangan kiri. Lalu tekuk tangan kanan ke samping sejajar dengan dada kemudian rentangkan kedua tangan sambil melangkahkan kaki ke kanan dan ke kiri.


10.      Serong kaki ceria “HAH” (2x8)
Fungsi                : Melatih kelincahan tangan dan menahannya agar lurus.


Cara kerja           : Letakkan kedua tangan dipinggang, tendangkan kaki ke samping kanan dan kiri secara bergantian, kemudian angkat tangan ke atas sejajar dengan dagu sambil berteriak “HAH”.

(kembali ke “buka tangan s/d serong kaki ceria “HAH” ”)

11.      Tonjok atas-bawah (2x8)
Fungsi                : Melatih tangan agar tetap lurus dan kaki saat meloncat.


Cara kerja           : Loncatkan kaki ke depan secara bergantian sembari tangan menonjok ke arah depan, atas dan bawah.

12.      Loncat sikut (2x8)
Fungsi                            : Melatih kelincahan tangan, otot perut dan totot paha saat bergerak.


Cara kerja           : Angkat kaki kiri bersamaan dengan tekuk tangan kanan, begitu juga dengan kaki kanan dan tangan kiri sambil meloncat.

13.      Loncat teprok (2x8)
Fungsi                            : Melatih otot perut, keseimbangan kaki dan pergelangan tangan.


Cara kerja           : Buka kedua kaki selebar bahudan angkat kedua tangan diatas kepala sambil meloncat.

14.      Tonjok atas bawah (2x8)
Fungsi                : Melatih tangan agar tetap lurus dan kaki saat meloncat.


Cara kerja           : Loncatkan kaki ke depan secara bergantian sembari tangan menonjok ke arah depan, atas dan bawah.


15.      Loncat sikut (2x8)
Fungsi                            : Melatih kelincahan tangan, otot perut dan totot paha saat bergerak.


Cara kerja           : Loncatkan kaki ke depan secara bergantian sembari tangan menonjok ke arah depan, atas dan bawah.
16.      Loncat sikut tangan lincah (2x8)
Fungsi                            : Melatih kelincahan tangan, otot perut dan totot paha saat bergerak.


Cara kerja           : Angkat kaki kiri bersamaan dengan tekuk tangan kanan, begitu juga dengan kaki kanan dan tangan kiri. Lalu tekuk tangan kanan ke samping sejajar dengan dada kemudian rentangkan kedua tangan sambil melangkahkan kaki ke kanan dan ke kiri.



17.      Buka tangan (2x8)
Fungsi                : Untuk melatih kelincahan tangan dan otot leher saat
bergerak.


Cara kerja           : Buka kedua telapak tangan di pinggang, letakkan di pinggang, posisikan kedua tangan disamping telinga, rentangkan tangan ke kanan dan ke kiri sambil menoleh ke arah yang sama. Langkahkan kaki ke kanan dan ke kiri sambil sedikit meloncat.



18.      Serong kaki ceria “HAH” (2x8)
Fungsi                : Melatih kelincahan tangan dan menahannya agar lurus.


Cara kerja           : Letakkan kedua tangan dipinggang, tendangkan kaki ke samping kanan dan kiri secara bergantian, kemudian angkat tangan ke atas sejajar dengan dagu sambil berteriak “HAH”.           

19.      Buka lipat tangan (2x8)
Fungsi : Melatih kelincahan otot tangan untuk bergerak.


Cara kerja : Rentangkan kedua tangan kesamping kanan  dan kiri dan silangkan kedua tangan didepan dada lalu angkat kedua tangan diatas kepala. Selah itu doronglah kedua tangan kedepan sejajar dada dan badan ke arah belakang.

20.      Loncat gulung tangan (2x8)
Fungsi : Melatih kelincahan otot tangan untuk bergerak.


Cara kerja : Bukalah kaki ke kanan dan kiri dan angkat kedua kaki secra bergantian sambil tekuk kedua tangan didepan dada dan pilin badan ke kanan dan ke kiri sambil menggulung kedua tangan lalu rentangkan kedua tangan samping kanan dan kiri.

21.      Loncat teprok (2x8)
Fungsi : Melatih otot perut, keseimbangan kaki dan pergelangan tangan.


Cara kerja : Buka kedua kaki selebar bahudan angkat kedua tangan diatas kepala sambil meloncat.

                                                            

22.      Kuda-kuda teprok (2x8)
Fungsi : Untuk melatih paha agar bisa menahan beban tubuh.

Cara kerja : Bukalah kedua kaki selebar bahu, tahan beban berat badan lalu teprok kedua tangan.


c.         Gerakan Pendinginan

Gerakan pendinginan bertujuan untuk mengembalikan frekuensi denyut jantung supaya kembali mendekati normal. Pelaksanaan gerakan dilakukan secara bertahap dari intensitas tinggi ke intensitas yang rendah.

1.         Tangan melambai kanan-kiri (1x8)
Fungsi                : Untuk menahan pertahanan otot perut,paha,dan tangan


Cara kerja           : Melebarkan kaki lalu melambaikan tangan selurus bahu.
                                                                                                                               
2.         Kepala (2x8)
Fungsi                : Untuk melatih otot leher.


Cara kerja           : Tengokkan kepala ke kanan dan kiri lalu patahkan ke kanan dan kiri. Setelah itu tundukkan kepala dan tengahdahkan kepala.

3.         Dayung tangan , tahan kaki kiri (2x8)
Fungsi                : untuk melatih pertahanan tangan dan kaki agar lurus


Cara kerja           : Langkahkan kaki menyerong dan angkat tangan ke atas sejajar dagu. Dan renggut-renggutkan.



4.         Dayung tangan , tahan kaki kanan (2x8)
Fungsi                : untuk melatih pertahanan tangan dan kaki agar lurus


Cara kerja           : Langkahkan kaki menyerong dan angkat tangan ke atas sejajar dagu. Dan renggut-renggutkan.


5.         Tangan melambai kanan-kiri (1x8)
Fungsi                : untuk menahan pertahanan otot perut,paha,dan tangan


Cara kerja           : Melebarkan kaki lalu melambaikan tangan selurus bahu

6.         Tangan tarik (2x8)
Fungsi                : untuk melatih pertahanan tangan dan kaki


Cara kerja           : Lebarkan kaki sejajar dengan bahu dan arahkan kedua tangan ke atas kepala dan kekiri

7.         Kipas tangan kanan-kiri (2x8)
Fungsi                : untuk menahan pertahanan paha dan tangan


Cara kerja           :

8.         Gerakan kaki (2x8)
Fungsi                : untuk melatih otot kaki


Cara kerja           : Renggutkan kaki ke kanan dan ke kiri lalu tahan.

9.         Tangan melambai kanan-kiri (1x8)
Fungsi                : Untuk menahan pertahanan otot perut,paha,dan tangan


Cara kerja           : Melebarkan kaki lalu melambaikan tangan selurus bahu.

10.      Dayung kanan-kiri (2x8)
Fungsi                : untuk melatih pertahanan tangan


Cara kerja           : Langkahkan kaki menyerong dan angkat tangan ke atas sejajar dagu. Dan renggut-renggutkan.




11.      Peregangan telapak tangan (1x8)
Fungsi                : untuk melatih otot-otot jari tangan


Cara kerja           : Rentangkan kedua tangan ke kanan dan kiri dan langkahkan salah satu kaki kedepan dan angkat kedua tangan kedepan. Setelah itu letakkan kedua tangan didepan dada dan letakkan kembali dibelakang pinggang lalu dorong kedua tangan kedepan dan badan kebelakang.

12.      Renggut tangan (2x8)
Fungsi                : Melatih pertahanan tubuh


Cara kerja           : Lebarkan kaki selebar bahu dan regangkan keuda tangan kedepan mulai dari tangan kanan dan tangan kiri.

13.      Tangan melambai kanan-kiri (1x8)
Fungsi                : Untuk menahan pertahanan otot perut,paha,dan tangan


Cara kerja           : Melebarkan kaki lalu melambaikan tangan selurus bahu

14.      Atur pernapasan (2x8)
Fungsi                : Untuk mengatur pernapasan.


Cara kerja           : Bukalah kedua tangan sampai ke atas kepala, lurus membentuk 180 derajat. Setelah itu, kembalikan tangan seperti semula.








Bab III Penutup

3. 1    Kesimpulan

Dari uraian laporan di atas dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut :

Senam merupakan kegiatan dalam proses membuat tubuh memnjadi sehat, yaitu perpaduan antara gerak dengan dan musik yang dipilih. Olahraga apapun yang dipilih, pasti memiliki aturan-aturan/etika yang harus diikuti didalamnya.Senam Aerobik bukanlah olahraga sekedar gerak oleh musik, namun didalamnya mengedepankan keseimbangan tubuh/anggota badan, alat indra dan sifat manusia dengan alam sekitar.


3. 2    Penutup

Demikianlah laporan ini kami buat dengan yang sebenar-benarnya. Ucapan terima kasih tertuju kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan kemudahan kepada kami sehingga terlaksananya pembuatan laporan dan presentasi ini. Serta kepada teman-teman yang ikut membantu dalam pembuatan laporan ini.
Kami selaku anggota kelompok memohon maaf sebesar-besarnya apabila terdapat kessalahan serta kekurangan dalam makalah ini. Selain untuk memenuhi tugas PENJASKES, Semoga makalah ini dapat menjadi acuan, pertimbangan, serta motivasi dan koreksi bagi kegiatan selanjutnya.


Cibinong, 7 Oktober 2013
Anggota Kelompok




Komentar

  1. sayang nih gabisa dibuka artikelnya ^^. Btw kalo senam gitu pake baaju senam khusus gak? kalo iya dimana nih bisa beli baju senam murah? Makasih yah ^^

    BalasHapus
  2. infonya bermanfaat nih....
    klo boleh tau dimana ya toko yg menyediakan baju senam terbaru di daerah Surabaya dan sekitarnya?
    trims....

    BalasHapus
  3. ajiiib,,,, tinggal copas doank nich buat tugas,,,,, :D

    baju senamx gk dimasukin juga nich di artikel??? hehe,,,, lagi galau nich gan,,,,


    dimana ya cari baju senam body image via online??? katax sich modelx lagi ngtren skrg,,,,,,

    BalasHapus
  4. artikelnya lengkap sis :), sis senam yg paling efektif untuk menurunkan berat badan itu senam apa ya? trus apakah baju senam wanita yg kita pakai juga berpengaruh besar pada hasilnya nanti sis ? thx ya sis..

    BalasHapus
  5. salam kenal agan-agan semua. . . agan-agan sedang mencari tempat jualan baju senam wanita buka aja www.bajusenamgrosir.com. barangnya bagus-bagus lho?

    BalasHapus
  6. malam Broooo
    Artikelnya Kerennn...Infonya sngat bermanfaat... Mau nanya sekalian
    untuk baju senam terbaru Buat aerobic yang bagus itu merk apa ya?
    moga sukses....

    BalasHapus
  7. Info yang menarik nie..... kalau boleh tau, kapan waktu yang tepat buat melakukan senam tersebut? dan kalo bajunya, apa harus memakai baju senam aerobik atau bebas?

    BalasHapus
  8. info menarik ,bermanfaat banget nih , cariin referensi buat cari baju senam jakarta , alamatnya dong min ?

    thanks :)

    BalasHapus
  9. thank kak (y) banget dach, luangkap artikelnya... eh iya kak bisa minta info tenntang pengaruhnya kita kalau memakai baju aerobik second

    BalasHapus
  10. ulasannya jelas dan mantabb, detil banget sis. btw kalau cari baju senam murah surabaya yang koleksinya lengkap dimana ya? pengin pakai yg branded biar makin smangaat sis :)

    BalasHapus
  11. artikelnya menarik dan lengkap gan.... Kalau di surabaya apakah ada informasi tentang sanggar senam yang favorit, dan dimana tempat yang menyediakan baju senam wanita disini?, trims infonya :)

    BalasHapus
  12. Kalau di surabaya apakah ada informasi tentang sanggar senam yang favorit, dan dimana tempat yang menjual baju senam disini?, trims infonya :)

    BalasHapus
  13. izin copas utk tugas
    maaf ngak nunggu jawaban
    bisa diblok & ctrl c berarti boleh copas kan
    asal nyantumin link
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tolong ya bagi teman-teman yang mau copas cantumkan link blog saya, makasih :)

      Hapus
  14. Salam Olahraga Kak,,
    oh iya saya mau bertanya, selesai melakukan senam, apakah boleh meminum dengan minuman dingin? dan klo info mengenai model baju senam crystal terbaru or trend saat ini di mana ya? mhon infonya ya trims :)

    BalasHapus
  15. Salam Olahraga,
    Artiikelnya sangat menarik dan bermanfaat,,
    dan bisa ngasih info mengenai tempat penjualan baju senam muslim yang cantik khususnya di daerah Surabaya?
    Thanks
    Salam Sukses

    BalasHapus
  16. waduh makasih nih sista artikelnya bisa membantu tugas ane nih.... hmm ngomong2 ada yg tau gk tempat jual baju senam terbaru via online...???

    BalasHapus
  17. semangat pagi
    artikelnya bagus sis, lengkap dan informatif..^^
    temen2.. ini lo yg jual baju senam..
    www.bajusenamgrosir.com..
    makasih

    BalasHapus
  18. salam semangat...
    artikkelnya bermanfaat banget dan menambah wawasan juga pastinya...
    mau tanya nih kalo mau cari baju senam wanita gimana ya cranya???

    BalasHapus
  19. semangat pagi..
    senam aerobik bisa untuk ngurangi stres apa nggak sih sis..?
    kalo bisa aq mau coba.. ^^ trus, dimana cari baju senam aerobik yg murah dan berkualitas?
    makasih..

    BalasHapus
  20. kakak ini dapet tugas dari pak yusuf ya?

    BalasHapus
  21. lebih bagus kalo dikasih keterangan gambar gan..

    BalasHapus
  22. Terima kasih posting-an nya! Saya izin jadikan sebagai tugas olahraga ya, kakak kakak. :D

    BalasHapus
  23. Lengkap banget makalah senam nya,sebuah pelajaran berharga.

    BalasHapus
  24. Kak di mohon bantuanya mampir ya kak karena disini juga ada kak

    http://aerobicsss.yolasite.com/
    .

    BalasHapus
  25. Kak daftar pustakanya dimana ya kak?

    BalasHapus
  26. Artikelnya lengkap banget dan inspiratif. Main juga ke blogku ya di
    Instruktur Senam

    BalasHapus
  27. Easy "water hack" burns 2 lbs OVERNIGHT

    Over 160 thousand women and men are using a easy and SECRET "water hack" to drop 1-2 lbs each and every night in their sleep.

    It is simple and works all the time.

    Here's how to do it yourself:

    1) Hold a drinking glass and fill it with water half full

    2) Now do this crazy hack

    so you'll become 1-2 lbs thinner the very next day!

    BalasHapus
  28. Aweome Post. Thanks to share the Valuable Information. Now If You want to know about Who is Viewing your Instagram account then visit here to know about Insta stalker.

    BalasHapus
  29. Assalamu'alaikum,Salam Olahraga.Artikelnya sangat membantu sekali,saya izin membagikan artikel ini ya

    BalasHapus
  30. Tithole Athletics, Inc. - The Technology of Sport in the USA
    The titanium flask Tithole Athletics Foundation works titanium teeth k9 to support apple watch series 6 titanium the development of the titanium tube industry-leading technology titanium drill bits and supply management solution in the area of sport

    BalasHapus
  31. Assalamualaikum, artikel nya sangat bermanfaat dan menambah wawasan untuk selalu berolah raga..salam sehat selalu

    https://yunprasetia.blogspot.com/2022/11/senam-aerobik-pengertian-dan-manfaat.html

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode Ilmiah "Pengaruh Ragi Terhadap Tape Singkong"

Contoh Proposal Acara Peringatan Tahun Baru Hijriah (LENGKAP)